Halaman

Minggu, 15 Januari 2012

PERKEMBANGAN IPTEK TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL

Kehidupan sosial dipengaruhi oleh kemajuan teknologi. Kebutuhan manusia akan pangan sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi pertanian, sedangkan kebutuhan akan komunikasi dipengaruhi oleh teknologinya, seperti media cetak, media elektronik yang selain untuk berkomunikasi, juga dapat memperluas wawasannya.  Masyarakat memang banyak yang mengeluh dampak negatif dari teknologi, tetapi kegiatannya terus dilakukan karena tetap masih lebih banyak untung daripada ruginya.
  • Dampak IPTEK pada Pembangunan Industri dan Transportasi Modern
1.  Dampak Industri
Dampak industri yang sangat terasa dalam bidang ekonomi.  Pemakaian mesin menghasilkan produksi yang melimpah.  Produk banyak demikian tidak tertampung lagi dalam pasaran lokal atau nasional, sehingga harus disalurkan ke pasar internasional.  Demi kelancaran pemasaran, para kapitalis modern mempengaruhi politik pemerintahannya, mendesak agar pemerintah mendukung usahanya mencari atau merestui pasaran di negara lain, bila perlu dengan dukungan militer keras.  Timbullah imperialisme modern yang menitikberatkan kegiatannya dalam bidang ekonomi setelah revolusi industri.  Di samping mencari daerah pemasaran, juga dilakukan usaha memperoleh bahan mentah yang murah.  Cara demikian menyebabkan keuntungan kaum kapitalisyang didukung pemerintah yang imperealis memperoleh keuntungan sangat besar. 
Bila negara imperialis banyak memperoleh keuntungan melalui cara-cara modern tersebut, dampaknya terasa di mana-mana.  Di negara sendiri kaum kapitalis-imperialis merasakan pencemaran (polusi) yang semula kurang diperhitungkan, setelah timbul dampak sampingnya barulah disadari. Tetapi dengan adany teknologi yang maju pada jaman sekarang ini telah diciptakan sebuah alat penyaring yang dapat dipergunakan pada industri yang berguna untuk menyaring asap – asap yang berdampak polusi menjadi udara yang baik bagi lingkungan sekitar
2.  Dampak Transportasi
Dengan tata transportasi yang diciptakan, manusia memperoleh keuntungan. kendaraan yang diciptakan mampu bergerak lebih cepat dari pada gerak si pencipta sendiri, sehingga waktu yang diperlukan bergerak dari satu tempat ke tempat lain lebih singkat. Waktu dirasakan makin berharga, sehingga timbul sebutan time is money.
  • Kesimpulannya yaitu :
Teknologi adalah sesuatu hal yang sangat dibutuh kan oleh masyarakat pada jaman sekarang ini, itu karena pada jaman sekarang itu semua kegiatan itu berbasis teknologi. Dengan adanya teknologi itu sangat membantu sekali dalam aktifitas sehari – hari maupun dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Contohnya yaitu teknologi komunikasi itu sangat membantu kita untuk berkomunikasi dengan orang lain tanpa kita harus bertatap muka dengan orang yang kita ajak bicara, selain itu ada juga teknologi informasi yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mengapa dibilang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu karena dengan teknologi informasi seperti internet kita bisa membuat usaha online bagi orang yang belum memiliki pekerjaan sehingga itu dapat mengurangi jumlah pengangguran

Sumber :

Nama : Mochamad Reza Risky
Kelas : 1 IA 12
NPM : 54411531
Mata Kuliah : Ilmu Sosial Dasar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar