Halaman

Minggu, 07 Oktober 2012

Sejarah Perkembangan Internet dan New Media

Taukah kalian tentang bagaimana perkembangan Internet dan New Media pertama kali didunia? mungkin kebanyakan orang hanya biasa mengunakannya saja tanpa mengetahui asal - usul perkembangan Internet dan New Media. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang sejarah perkembangan Internet dan New Media.


Internet
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), dimana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pempangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmssion Control Protokol / Internet Protokol).

Tujuan awal dibangunnya proyek ARPANET adalah untuk kepentingan militer Amerika Serikat, yang dimana pada saat itu Amerika Serikat sedang menghadapi perang nuklir dengan Uni Soviet, oleh karena itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah apabila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat.

Pada mulanya ARPANET hanya bisa menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan oktober 1972. tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat diseluruh daerah dan semuanya berminat ingin bergabung, yang mengakibatkan ARPANET menjadi kesulitan dalam mengaturnya.
oleh sebab itu pada akhirnya ARPANET dibagi menjadi dua yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer, dan kedua jaringan tersebut akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

New Media
new media adalah istilah luas yang muncul di bagian akhir abad ke-20 untuk mencakup penggabungan antara media tradisional seperti film, gambar, musik, dengan teknologi komputer dan komunikasi yang berbasis internet. new media mengulurkan kemungkinan akses on-demand untuk konten kapan saja, dimana saja, pada setiap perangkat digital, serta umpan balik pengguna interaktif, partisipasi kreatif dan pembentuk masyarakat sekitar media. apa yang membedakan antara new media dengan media tradisional bukan digitalisasi konten media ke bit, melainkan kehidupan yang dinamis dari isi dan hubungan interaktif dengan konsumen media. beberapa contohnya yaitu internet, website, komputer multimedia, peramainan komputer, dll, yang penting apabila media itu mengandung teknologi yang memungkinkan interaktivitas digital, seperti grafis yang berisi tag-link web maka itu adalah new media.

pada tahun 1960, hubungan antara komputasi dan seni radikal mulai tumbuh lebh kuat. itu tidak sampai tahun 1980-an yang Alan Kay dan rekan kerja di Xerox PARC mulai memberikan kekuatan komputer pribadi untuk individu, daripada memiliki organisasi besar bertanggung jawab atas hal lain.

sampai tahun 1980-an media yang mengandalkan terutama pada model cetak dan siaran analog, seperti televisi dan radio. dua puluh tahun kemudian telah terlihat transformasi cepat ke media yang ditautkan pada penggunaan teknoogi digital, seperti game internet dan video. namun, contoh-contoh tersebut hanya lah sebagian kecil dari media baru. penggunaan komputer digital telah mengubah sisa media lama, seperti yang disarankan oleh munculnya televisi digital dan publikasi online. Bahkan bentuk media tradisional seperti mesin cetak telah diubah melalui penerapan teknologi menjadi sebuah perangkat lunak maniplasi gambar seperti Adobe Photosop dan software publishing lainnya.

Nama : Mochamad Reza Risky
Kelas : 2IA03
NPM : 54411531
Tugas : Peng. Tek. Internet dan New Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar