Halaman

Kamis, 05 Juli 2012

Budaya Membuang Sampah Sembarangan yang Telah Melekat di masyarakat Indonesia


Dapat kita lihat dengan mata telanjang, bahwa kenyataan nya di Indonesia sekarang sudah menjadi negara yang tidak memiliki budaya kebersihan. Bahkan beberapa orang menganggap Indonesia adalah Negara yang paling gagal dalam mengelola sampah. Memang benar dalam kenyataan nya. Meskipun proses dahur ulang sudah dijalankan, tetapi  tetap saja sampah di Indonesia menumpuk dan tidak dapat di kelola dengan baik.
Hal ini disebabkan karena kebudayaan dan kebiasaan bangsa Indonesia semenjak kecil, tidak di biasakan untuk membung sampah pada tempat nya. Bahkan kebanyakan orang tua di Indonesia tidak pernah mengajarkan tentang budaya membuang sampah pada tempat nya. Anak-anak mereka di biarkan untuk membuang sampah sembarangan, karena mungkin orang tua itu sendiri juga membuang sampah, bukan pada tempat nya. Sehingga bukan nya memberikan pengertian untuk membuang sampah pada tempat nya, tetapi malahan memberikan contoh untuk membuang sampah sembarangan.
Apabila dibandingkan dengan Negara lain seperti singapura, dapat kita perhatikan bahwa singapura memiliki aturan dan budaya yang tegas tentang masalah kebersihan. Bahkan singapura memiliki undang undang yang tegas bagi setiap orang yang membuang sampah sembarangan. Sehingga secara tidak langsung hal ini menjadi pendidikan yang memaksa warga nya untuk mejaga kebersihan. Karena telah terbiasa sehingga warga nya sendiri menjadi memiliki budaya utuk hidup bersih dan menjaga kesehatan. Hal ini lah yang akhir nya dapat membuat sukses nya program pemerintah dalam hal kebersihan.
Untuk merubah kebiasaan hidup warga Negara Indonesia, sehingga Indonesia dapat menjadi Negara yang bersih dan sukses dalam program kebersihan nya, kita harus dapat menanamkan kebiasaan dan budaya bersih dan membuang sampah pada tempat nya. Budaya ini harus di tanamkan sejak kecil sehingga dapat menjadi kebiasaan baik yang akan terus di turunkan kepada generasi penerus bangsa. Sehingga dengan semakin bertambahnya waktu kedepan, Indonesia dapat menjadi Negara yang bersih dengan kebiasaan dari warganya yang telah membudayakan kebersihan dari kecil. Peran dari pemerintah juga pentng dalam menyediakan sarana dan prasarana dalam pengelolaan sampah. Sehingga dengan dukungan dari warga serta pemerintah, Indonesia dapat menjadi Negara yang bersih dan dapat mengelola sampah dengan baik. Oleh karena itu marilah kita sebagai warga Indonesia untuk bergotong royong dalam mewujudkan kebersihan untuk Indonesia.

Nama : Mochamad Reza Risky
Kelas : 1IA12
NPM : 54411531
Tugas : Ilmu Budaya Dasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar